LOGO Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Beranda > Berita > Festival Panen Hasil Belajar Meriahkan Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak…
Berita Utama

Festival Panen Hasil Belajar Meriahkan Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak di Kabupaten Lombok Barat

Posting oleh dikbudlobar - 28 April 2024 - Dilihat 1.007 kali

Lombok Barat, 28 April 2024 - Aula SMPN 2 Lingsar menjadi saksi keseruan Festival Panen Hasil Belajar dalam rangka Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Lombok Barat. Acara yang diselenggarakan di bawah pengawasan H. Ilham, S.Pd, M.Pd, selaku Pelaksana Jabatan (PJ) Bupati, didukung oleh Maad Adnan, S.Pd., M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat, serta Kepala Plt. BGP NTB, Drs. Suka, M.Pd.

Dengan penuh semangat, PJ Bupati disambut oleh tarian selamat datang dari siswa-siswi SMPN 2 Lingsar di halaman aula, menyemarakkan suasana sejak awal acara. Setelah sambutan hangat dari Kepala BGP NTB, PJ Bupati memberikan arahan dan membuka rangkaian acara dengan penyematan kain tradisional kepada koordinator guru penggerak angkatan 7 Kabupaten Lombok Barat. Dalam arahannya, PJ Bupati menegaskan peran sentral guru dalam mendukung peningkatan usia rata-rata lama sekolah di kabupaten tersebut. Beliau juga mengajak para guru penggerak untuk terus bergerak dan menginspirasi, tidak hanya selama mengikuti program saja. tetapi nanti ketika sudah dinyatakan lulus.

Dedi Yusuf, M.Pd, Ketua Pengajar Praktik Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Lombok Barat, yang juga menjadi koordinator pelaksana kegiatan, menjelaskan bahwa acara ini berlangsung selama 2 hari. Hari Sabtu tanggal 27 April merupakan kelas belajar bagi para guru penggerak, sementara puncaknya adalah Festival Panen Hasil Belajar pada hari Minggu, 28 April. Sebanyak 65 calon guru penggerak telah menyiapkan stand pameran yang menampilkan secara jelas dan nyata program serta hasil belajar yang mereka capai selama program pendidikan guru penggerak.

Lebih lanjut, Dedi menegaskan bahwa keberhasilan acara ini berkat kerjasama yang solid antara BGP, Dikbud, serta para pengajar praktik dan calon guru penggerak, bahkan kepala bidang GTK Dr. Ahmad Sujai, M.Pd. memantau langsung persiapan yang dilaksanakan beberapa hari sebelumnya. Pada festival ini, kepala sekolah dari masing-masing CGP juga turut hadir memberikan dukungan maksimal kepada para guru penggerak.

Selain itu, acara juga dimeriahkan oleh penampilan peserta didik. Siswa-siswi dari berbagai sekolah menampilkan tarian tradisional seperti Gandrung dan Tari Budaya Sasak, serta peragaan busana hasil karya siswa-siswi SMK N 1 Gerung. Kegiatan ini menjadi tonggak akhir sebelum para calon guru penggerak dinyatakan lulus dalam program pendidikan tersebut, diharapkan dapat memberikan dampak nyata bagi dunia pendidikan di Kabupaten Lombok Barat.
Acara Festival Panen Hasil Belajar Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Lombok Barat berhasil menarik perhatian masyarakat pendidikan. Melalui serangkaian kegiatan yang dipenuhi semangat dan dedikasi, para guru penggerak angkatan 9 berhasil memamerkan karya-karya mereka yang menginspirasi.

Kepala sekolah dari berbagai CGP hadir memberikan dukungan penuh kepada para guru penggerak. Dengan kerjasama yang solid antara BGP, Dikbud, pengajar praktik, dan calon guru penggerak, acara ini menjadi sebuah momentum penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Lombok Barat.

Kehadiran para siswa-siswi dalam penampilan seni tradisional juga menambah nilai tersendiri bagi acara ini. Tarian-tarian seperti Gandrung dan Tari Budaya Sasak, serta peragaan busana dari SMK N 1 Gerung, memberikan warna dan semangat baru dalam perhelatan tersebut.

Diharapkan, hasil dari festival ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi dunia pendidikan di Kabupaten Lombok Barat. Semangat para guru penggerak dalam terus bergerak dan menggerakkan diharapkan menjadi inspirasi bagi seluruh komponen pendidikan untuk terus berinovasi dan berkarya demi kemajuan pendidikan di daerah ini.

 

(Disdikbud/Hera)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *