LOGO Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Beranda > Berita > Smpn 1 Labuapi Raih Juara Iii Lomba Pjas Aman Tingkat Provinsi Ntb Tahun 2…
Berita Utama

SMPN 1 LABUAPI RAIH JUARA III LOMBA PJAS AMAN TINGKAT PROVINSI NTB TAHUN 2024

Posting oleh dikbudlobar - 26 Maret 2024 - Dilihat 936 kali

Labuapi, Disdikbud. SMPN 1 Labuapi Kab.Lombok Barat meraih Juara III Lomba PJAS AMAN Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh BPOM Mataram. Prestasi ini menunjukkan dominasi sekolah Lombok Barat jenjang SMP pada Lomba PJAS AMAN dimana Juara I diraih oleh SMPN 1 Lembar. Hal ini sesuai dengan keputusan Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Mataram Nomor PM.02.04.14A.03.24.57 Tahun 2024 tentang Penetapan Pemenang Lomba Sekolah Dengan PJAS AMAN Tingkat Provinsi Tahun 2024.

Kepala SMPN 1 Labuapi Ahmad Ansori S.Pd., M.Pd menyampaikan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang diraih oleh SMPN 1 Labuapi pada Lomba PJAS AMAN Tingkat Provinsi NTB Tahun 2024 meski hanya meraih Juara III. Hal ini menjadi motivasi dalam mengikuti lomba pada tahun selanjutnya sehingga pembenahan secara maksimal mesti dilakukan untuk meraih prestasi yang terbaik.

"Kami sangat bangga mendapatkan penghargaan sebagai sekolah dengan Pangan Jajanan Anak Sekolah Aman meski berada di peringkat ke-3. Banyak hal yang harus dibenahi terkait bahan jajanan, penyajian, tempat dan pelayanan. Hal-hal tersebut yang harus ditingkatkan ke depannya," ujarnya.

Kepala SMPN 1 Labuapi Ahmad Ansori, S.Pd., M.Pd mengharapkan dukungan dari Pemda berupa penegasan regulasi tentang jajanan anak sekolah. Serta mengharapkan adanya pembinaan dan pemantauan secara berkala dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kami mengharapkan dukungan dari Pemda terkait regulasi tentang jajanan anak sekolah yang harus ditegaskan. Sedangkan dukungan Dinas yang kami harapkan adalah pembinaan dan pemantauan secara berkala," pintanya.

Kepala SMPN 1 Labuapi Ahmad Ansori, S.Pd., M.Pd menyampaikan komitmen sekolah dalam menyediakan jajanan yang sehat dan aman bagi seluruh warga sekolah. Karena dengan adanya jajanan yang sehat dan aman akan mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas.

"Sekolah akan terus berupaya untuk menyediakan jajanan yang sehat bagi semua warga sekolah, karena dengan jajanan yang sehat akan mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas," tutupnya.

Nurhayati, S.Pd., M.Pd sebagai penanggung jawab aksi bergizi menyampaikan terkait dengan komitmen sekolah dalam melaksanakan PJAS AMAN yakni dengan membentuk tim dalam pelaksanaan tugas dan bertanggung jawab atas terlaksananya program.

"Kepala sekolah sudah lama berkomitmen membuatkan SK PJAS AMAN langsung dan sudah dibagi tugas dan tanggung jawab masing-masing," terangnya.

Sementara itu Ayuk Purnama, S.Pd.Gr., selaku penanggung jawab PJAS AMAN menyampaikan terkait apa itu PJAS AMAN, PJAS aman itu singkat dari Pangan Jajanan Anak Sekolah Aman. Aman dari 3 (tiga) jenis cemaran yakni cemaran biologis. Contoh cemaran biologis seperti makanan yang sudah basi, lalatan dan  makanan yang tidak tertutup sehingga kumannya cepat masuk. Yang ke-2 cemaran fisik contohnya seperti Steples, Rambut, dam Batu. Ini termasuk cemaran fisik yang berbahaya di makan oleh anak-anak. Yang ke-3 cemaran kimia, contohnya Rodamin, pewarna makanan, pengawet dan pemanis berlebihihan.

"Jadi PJAS AMAN itu intinya adalah bagaimana kita harus menjaga generasi kita biar sehat dan cerdas," jelasnya.

(Disdikbud/Adam)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *