TUGAS POKOK & FUNGSI

Oleh : HENRI | Senin 04 Februari 2019 | 08:40 WITA
Share :

I.  TUGAS,  FUNGSI  DAN  STRUKTUR  ORGANISASI
PERANGKAT DAERAH
Dinas  Pendidikan  dan  Kabudayaan  Kabupaten  Lombok Barat terbentuk
melalui  Peraturan  Daerah  Nomor  10  Tahun  2016  tentang  Pembentukan  dan
Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Lombok Barat mempunyai tugas pokok
membantu  Bupati  dalam  melaksanakan  urusan  pemerintahan  dalam  bidang
pendidikan  dan  kebudayaan  berdasarkan  asas  otonomi,  tugas  pembantuan
dan  dekonsentrasi.  Dalam  rangka  pelaksanaan  tugas  pokok  tersebut  maka
fungsi  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Kabupaten  Lombok  Barat  adalah
sebagai berikut :
a.  penyusunan rencana strategis bidang Pendidikan dan Kebudayaan;
b.  perumusan kebijakan teknis bidang Pendidikan dan Kebudayaan;
c.  pelaksanaan  urusan  pemerintahan  dan  pelayanan  umum  bidang
Pembinaan  PAUD  dan  Pendidikan  Nonformal,  Pembinaan  Pendidikan
Dasar, Kebudayaan, dan pembinaan Ketenagaan;
d.  pembinaan,  pengendalian,  evaluasi  dan  pelaporan  pelaksanaan  kegiatan
bidang Pendidikan dan Kebudayaan;
e.  pembinaan  terhadap  Unit  Pelaksana  Teknis  Dinas  di  bidang  Pendidikan
dan Kebudayaan;
f.  pelaksanaan kegiatan penata usahaan dinas Pendidikan dan Kebudayaan;
dan
g.  pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan
fungsinya.
Berikut ini diuraikan tentang uraian tugas dan fungsi unit Kerja Dinas
Pendidikan  dan  Kebudayaan  Kabupaten  Lombok  Barat  sesuai  Peraturan
Bupati Lombok Barat Nomor 57 Tahun 2016, sebagai berikut :
A.  KEPALA DINAS
Tugasnya  adalah  memimpin,  mengatur,  merumuskan,  membina,
mengendalikan,  mengkoordinasikan  dan  mempertanggung  jawabkan
kebijakan  teknis  pelaksanaan  urusan  pemerintahan  daerah  di  bidang
pendidikan  dan  kebudayaan  berdasarkan  asas  otonomi  dan  tugas
pembantuan sesuai dengan kewenangannya
B.  SEKRETARIAT
Sekretariat  dipimpin  oleh  seorang  Sekretaris  yang  mempunyai  tugas
melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam memimpin, membina,
mengarahkan  mengkoordinasikan  dan  mengendalikan  tugas-tugas
lingkup  pengelolaan  dan  pelayanan  kesekretariatan  yang  meliputi
pengelolaan  umum  kepegawaian,  pengkoordinasian  penyusunan
program,  pengelolaan  keuangan  serta  pengkoordinasian  tugas-tugas
Bidang.
Untuk menyelenggarakan tugas, Sekretaris  mempunyai fungsi :
a.  koordinasi  penyusunan  kebijakan,  rencana,  program,  kegiatan,  dan
anggaran  di  bidang  pendidikan  anak  usia  dini,  pendidikan  dasar,
pendidikan  nonformal,  dan  kebudayaan  serta  tugas  pembantuan  di
bidang pendidikan dan kebudayaan;
b.  pengelolaan data dan informasi di bidang pendidikan anak usia dini,
pendidikan dasar, pendidikan nonformal, dan kebudayaan;
c.  koordinasi  dan  pelaksanaan  kerja  sama  di  bidang  pendidikan  anak
usia dini, pendidikan dasar, pendidikan nonformal, dan kebudayaan;
d.  koordinasi  pengelolaan  dan  laporan  keuangan  di  lingkungan  dinas
pendidikan dan kebudayaan;
e.  penyusunan  bahan  rancangan  peraturan  perundang-undangan  dan
fasilitasi  bantuan  hukum  di  bidang  pendidikan  anak  usia  dini,
pendidikan dasar, pendidikan nonformal, dan kebudayaan;   
f.  pelaksanaan  urusan organisasi  dan tata laksana  di  lingkungan dinas
pendidikan dan kebudayaan;
g.  pengelolaan  kepegawaian  di  lingkungan  dinas  pendidikan  dan
kebudayaan;
h.  penyusunan bahan pelaksanaan urusan tugas pembantuan di bidang
pendidikan dan kebudayaan yang meliputi usul kenaikan pangkat dan
peningkatan  kompetensi  pendidik  dan  tenaga  kependidikan,  serta
pendataan  pendidikan  menengah  dan  pendidikan  khusus,  fasilitasi
pelaksanaan akreditasi pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar,
dan pendidikan nonformal, fasilitasi pelaksanaan kegiatan kesiswaan
pendidikan  menengah  dan  pendidikan  khusus,  fasilitasi
pengembangan  karier  pendidik,  penyiapan  bahan  rekomendasi  izin
pendirian dan penutupan satuan pendidikan anak usia dini kerja sama,
sekolah dasar kerja sama, dan sekolah menengah pertama kerja sama,
fasilitasi  urusan  pembinaan  perfilman,  fasilitasi  pembinaan  lembaga
kepercayaan  terhadap  Tuhan  YME,  fasilitasi  pengelolaan  warisan
budaya nasional dan dunia, dan tugas-tugas pembantuan lainnya;
i.  koordinasi  dan  penyusunan  bahan  publikasi  dan  hubungan
masyarakat  di  bidang  pendidikan  anak  usia  dini,  pendidikan  dasar,
pendidikan nonformal, dan kebudayaan;
j.  koordinasi pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang
pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan nonformal,
dan kebudayaan;
k.  pengelolaan barang milik daerah di lingkungan dinas pendidikan dan
kebudayaan;
l.  pelaksanaan  urusan  ketatausahaan  dan  kerumahtanggaan  di
lingkungan dinas pendidikan dan kebudayaan
m.  pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;  
n.  pelaksanaan pengkoordinasian penyelenggaraan tugas-tugas Bidang;
dan
o.  pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh kepala dinas sesuai
tugas dan fungsinya.
Sekretariat, terdiri dari :
1.  Sub Bagian Program
Mempunyai  tugas  melaksanakan  dan  mempersiapkan  penyusunan
perencanaan  dan  program  kerja  tahunan  dinas,  menyiapkan  bahan
kebijakan teknis perencanaan, evaluasi pelaksanaan program/kegiatan
di lingkungan Dinas.
2.  Sub Bagian Keuangan
Mempunyai tugas melaksanakan penyusunan anggaran program kerja,
pengelolaan  administrasi  keuangan  rutin,  urusan  pembukuan  dan
menyusun  pertanggungjawaban,  urusan  perbendaharaan  anggaran
belanja dinas serta pembinaan administrasi keuangan pembangunan di
lingkungan Dinas.
3.  Sub Bagian Umum dan Keuangan.
Mempunyai  tugas  melakukan  pengelolaan  ketatausahaan,  rumah
tangga dan pembinaan serta pengurus adminstrasi umum kepegawaian
di lingkungan Dinas.
Sub  bagian  sebagaimana  dimaksud  diatas,  dipimpin  oleh  seorang
kepala yang berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada
Kepala Sekretariat.
C.  BIDANG  PEMBINAAN  PENDIDIKAN  ANAK  USIA  DINI  DAN
PENDIDIKAN NONFORMAL
Tugas  :  
melaksanakanpenyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan
di  bidang  pembinaan  pendidikan  anak  usia  dini  dan  pendidikan
nonformal serta yang meliputi kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan
sarana prasarana serta pembangunan karakter peserta didik.
Fungsi :
a.  penyusunan bahan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan
di  bidang  kurikulum  dan  penilaian,  kelembagaan  dan  sarana
prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan
anak usia dini dan pendidikan nonformal;
b.  penyusunan bahan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan
di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan
anak usia dini dan pendidikan nonformal;
c.  pembinaan pelaksanaan kebijakan di bidang kurikulum dan penilaian,
kelembagaan  dan  sarana  prasarana,  serta  peserta  didik  dan
pembangunan  karakter  pendidikan  anak  usia  dini  dan  pendidikan
nonformal;
d.  pelaksanaan  kebijakan  di  bidang  pembinaan  pendidik  dan  tenaga
kependidikan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
e.  penyusunan  bahan  rencana  kebutuhan  pendidik  dan  tenaga
kependidikan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
f.  penyusunan  bahan  rekomendasi  pemindahan  pendidik  dan  tenaga
kependidikan  pendidikan  anak  usia  dini  dan  pendidikan  nonformal
dalam kabupaten/kota;
g.  penyusunan  bahan  penetapan  kurikulum  muatan  lokal  pendidikan
nonformal;
h.  penyusunan  bahan  penerbitan  izin  pendirian,  penataan,  dan
penutupan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
i.  penyusunan bahan pembinaan pelaksanaan kurikulum dan penilaian,
kelembagaan  dan  sarana  prasarana,  serta  peserta  didik  dan
pembangunan  karakter  pendidikan  anak  usia  dini  dan  pendidikan
nonformal;
j.    penyusunan  bahan  pembinaan  pendidik  dan  tenaga  kependidikan
pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
k.  pelaksanaan  pemantauan  dan  evaluasi  di  bidang  kurikulum  dan
penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan
pembangunan  karakter  pendidikan  anak  usia  dini  dan  pendidikan
nonformal  serta  pembinaan  pendidik  dan  tenaga  kependidikan
pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
l.  pelaporan  di  bidang  kurikulum  dan  penilaian,  kelembagaan  dan
sarana  prasarana,  serta  peserta  didik  dan  pembangunan  karakter
pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal serta pembinaan
pendidik  dan  tenaga  kependidikan  pendidikan  anak  usia  dini  dan
pendidikan nonformal;
m.  pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
n.  pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas
dan fungsinya.
Bidang  Pembinaan  Pendidikan  Anak  Usia  Dini  dan  Pendidikan
Nonformal terdiri dari :
1.  Seksi Kurikulum dan Penilaian
Tugas :
menyiapkan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan  teknis,
pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaan  kurikulum dan penilaian.
Fungsi :
1.  Penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan
kurikulum dan penilaian, serta pembinaan minat, bakat, prestasi,
dan  pembangunan  karakter  peserta  didik  pendidikan  anak  usia
dini dan pendidikan nonformal;  
2.  Penyusunan  bahan  penetapan  kurikulum  muatan  lokal  dan
kriteria penilaian pendidikan nonformal;
3.  Penyusunan  bahan  pembinaan  pelaksanaan  kurikulum  dan
penilaian,  serta  pembinaan  minat,  bakat,  prestasi,  dan
pembangunan  karakter  peserta  didik  pendidikan  anak  usia  dini
dan pendidikan nonformal;
4.  Penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  pelaksanaan
kurikulum dan penilaian, serta pembinaan minat, bakat, prestasi,
dan  pembangunan  karakter  peserta  didik  pendidikan  anak  usia
dini dan pendidikan nonformal;
5.  Penyusunan  pelaporan di bidang kurikulum dan penilaian, serta
pembinaan  minat,  bakat,  prestasi,  dan  pembangunan  karakter
peserta  didik  pendidikan  anak  usia  dini  dan  pendidikan
nonformal; dan
6.  Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasansesuai tugas
dan fungsinya
2.  Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana
Tugas :
menyiapkan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan  teknis,
pembinaan  dan  koordinasi  serta  pelaksanaan  kelembagaan  dan
sarana prasarana.
Fungsi :
1.  Penyusunan  bahan  perumusan,  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan kelembagaan, sarana, dan prasarana pendidikan anak
usia dini dan pendidikan nonformal;
2.  Penyusunan  bahan  pembinaan  kelembagaan,  sarana,  dan
prasarana  pendidikan  anak  usia  dini  dan  pendidikan
nonformal;  
3.  Penyusunan  bahan  penerbitan  izin  pendirian,  penataan,  dan
penutupan  satuan  pendidikan  anak  usia  dini  dan  pendidikan
nonformal;
4.  Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi kelembagaan dan
sarana  prasarana  pendidikan  anak  usia  dini  dan  pendidikan
nonformal;
5.  Penyusunan  pelaporan  di  bidang  kelembagaan  dan  sarana
prasarana  pendidikan  anak  usia  dini  dan  pendidikan
nonformal; dan
6.  Pelaksanaan  tugas  lainnya  yang  diberikan  oleh  atasan  sesuai
tugas dan fungsinya.
3.  Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter
Tugas :
menyiapkan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan  teknis,
pembinaan  dan  koordinasi  serta  pelaksanaan  peserta  didik  dan
pembangunan karakter.
Fungsi :
1.  Penyusunan  bahan  perumusan,  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan  di  bidang  pembinaan  minat,  bakat,  prestasi,  dan
pembangunan karakter peserta didik pendidikan anak usia dini
dan pendidikan nonformal;
2.  Penyusunan  bahan  pembinaan  minat,  bakat,  prestasi,  dan
pembangunan karakter peserta didik pendidikan anak usia dini
dan pendidikan nonformal;
3.  Penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  pelaksanaan
pembinaan  minat, bakat, prestasi, dan pembangunan  karakter
peserta  didik  pendidikan  anak  usia  dini  dan  pendidikan
nonformal;  
4.  Penyusunan  pelaporan  di  bidang  pembinaan  minat,  bakat,
prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik pendidikan
anak usia dini dan pendidikan nonformal; dan
5.  Pelaksanaan  tugas  lainnya  yang  diberikan  oleh  kepala  bidang
pendidikan dasar  sesuai tugas dan fungsinya.
D.  BIDANG PEMBINAAN PENDIDIKAN DASAR
Tugas :
melaksanakan  penyusunan  bahan  perumusan  dan  pelaksanaan
kebijakan  di bidang pembinaan sekolah  dasar dan sekolah menengah
pertama  serta  pembinaan  pendidik  dan  tenaga  kependidikan  sekolah
dasar dan sekolah menengah pertama.
Fungsi :
1.  penyusunan  bahan  perumusan  dan  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan  di  bidang  kurikulum  dan  penilaian,  kelembagaan  dan
sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter
sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
2.  penyusunan  bahan  perumusan  dan  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan
sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
3.  pembinaan  pelaksanaan  kebijakan  di  bidang  kurikulum  dan
penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik
dan pembangunan karakter sekolah dasar dan sekolah menengah
pertama;
4.  pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga
kependidikan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
5.  penyusunan  bahan  rencana  kebutuhan  pendidik  dan  tenaga
kependidikan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;  
6.  penyusunan  bahan  rekomendasi  pemindahan  pendidik  dan
tenaga  kependidikan  sekolah  dasar  dan  sekolah  menengah
pertama;
7.  penyusunan  bahan  rekomendasi  pemindahan  pendidik  dan
tenaga kependidikan dalam kabupaten/kota;
8.  penyusunan  bahan  penetapan  kurikulum  muatan  lokal  sekolah
dasar dan sekolah menengah pertama;
9.  penyusunan  bahan  penerbitan  izin  pendirian,  penataan,  dan
penutupan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
10.  penyusunan  bahan  pembinaan  pelaksanaan  kurikulum  dan
penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik
dan pembangunan karakter sekolah dasar dan sekolah menengah
pertama;
11.  penyusunan bahan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan
sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
12.  penyusunan  bahan  pembinaan  bahasa  dan  sastra  daerah  yang
penuturnya dalam daerah kabupaten/ kota;
13.  pelaksanaan pemantauan dan evaluasi di bidang kurikulum dan
penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik
dan pembangunan karakter sekolah dasar dan sekolah menengah
pertama  serta  pembinaan  pendidik  dan  tenaga  kependidikan
sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
14.  pelaporan di bidang kurikulum  dan penilaian, kelembagaan dan
sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter
sekolah  dasar  dan  sekolah  menengah  pertama  serta  pembinaan
pendidik  dan  tenaga  kependidikan  sekolah  dasar  dan  sekolah
menengah pertama;
15.  pelaksanaan  evaluasi  dan  pelaporan  pelaksanaan  tugas;
danpelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai
tugas dan fungsinya.
Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar terdiri dari
1.  Seksi Kurikulum dan Penilaian
Tugas :
menyiapkan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan  teknis,
pembinaan  dan  koordinasi  serta  pelaksanaan  kurikulum  dan
penilaian.
Fungsi :
1.  Penyusunan  bahan  perumusan,  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan kurikulum dan penilaian sekolah dasar dan sekolah
menengah pertama;
2.  Penyusunan  bahan  penetapan  kurikulum  muatan  lokal  dan
kriteria  penilaian  sekolah  dasar  dan  sekolah  menengah
pertama;
3.  Penyusunan  bahan  pembinaan  pelaksanaan  kurikulum  dan
penilaian sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
4.  Penyusunan bahan pembinaan bahasa dan sastra daerah yang
penuturnya dalam daerah kabupaten/ kota;
5.  Penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  pelaksanaan
kurikulum dan penilaian sekolah dasar dan sekolah menengah
pertama;
6.  Penyusunan  pelaporan  di  bidang  kurikulum  dan  penilaian
sekolah dasar dan sekolah menengah pertama; dan
7.  Pelaksanaan  tugas  lainnya  yang  diberikan  oleh  atasansesuai
tugas dan fungsinya.  
2.  Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana
Tugas :
menyiapkan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan  teknis,
pembinaan  dan  koordinasi  serta  pelaksanaan  kelembagaan  dan
sarana prasarana.
Fungsi :
1.  Penyusunan  bahan  perumusan,  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan  kelembagaan, sarana, dan prasarana sekolah dasar
dan sekolah menengah pertama;
2.  Penyusunan  bahan  pembinaan  kelembagaan,  sarana,  dan
prasarana sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
3.  Penyusunan  bahan  penerbitan  izin  pendirian,  penataan,  dan
penutupan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
4.  Penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  kelembagaan,
sarana,  dan  prasarana  sekolah  dasar  dan  sekolah  menengah
pertama;
5.  Penyusunan  pelaporan  di  bidang  kelembagaan  dan  sarana
prasarana sekolah dasar dan sekolah menengah pertama; dan
Pelaksanaan  tugas  lainnya  yang  diberikan  oleh  atasansesuai
tugas dan fungsinya
3.  Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter
Tugas :
menyiapkan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan  teknis,
pembinaan  dan  koordinasi  serta  pelaksanaan  peserta  didik  dan
pembangunan karakter.
Fungsi :
1.  Penyusunan  bahan  perumusan,  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan  di  bidang  pembinaan  minat,  bakat,  prestasi,  dan
pembangunan  karakter  peserta  didik  sekolah  dasar  dan
sekolah menengah pertama;
2.  Penyusunan  bahan  pembinaan  minat,  bakat,  prestasi,  dan
pembangunan  karakter  peserta  didik  sekolah  dasar  dan
sekolah menengah pertama;
3.  Penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  pelaksanaan
pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter
peserta didik sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
4.  Penyusunan  pelaporan  di  bidang  pembinaan  minat,  bakat,
prestasi,  dan  pembangunan  karakter  peserta  didik  sekolah
dasar dan sekolah menengah pertama; dan
5.  Pelaksanaan  tugas lainnya yang diberikan oleh atasant  sesuai
tugas dan fungsinya.
E.  BIDANG PEMBINAAN KEBUDAYAAN
Tugas :
melaksanakan  penyiapan  perumusan  dan  pelaksanaan  kebijakan  di
bidang pembinaan kebudayaan.
Fungsi :
Untuk  menyelenggarakan  tugasnya,  Bidang  Seni  dan  Kebudayaan
mempunyai fungsi:
a.  penyusunan  bahan  perumusan  dan  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan  di  bidang  pengelolaan  cagar  budaya,  pengelolaan
museum  kabupaten,  pembinaan  sejarah,  pelestarian  tradisi,
pembinaan  komunitas  dan  lembaga  adat,  dan  pembinaan
kesenian, serta pembinaan tenaga kebudayaan;
b.  penyusunan  bahan  pembinaan  di  bidang  pengelolaan  cagar
budaya,  pengelolaan  museum  kabupaten,  pembinaan  sejarah,
pelestarian  tradisi,  pembinaan  komunitas  dan  lembaga  adat,
dan pembinaan kesenian, serta pembinaan tenaga kebudayaan;
c.  penyusunan bahan pengelolaan kebudayaan yang masyarakat
pelakunya dalam kabupaten;
d.  penyusunan  bahan  pelestarian  tradisi  yang  masyarakat
penganutnya dalam kabupaten;
e.  penyusunan  bahan  pembinaan  komunitas  dan  lembaga  adat
yang masyarakat penganutnya dalam kabupaten;
f.  penyusunan  bahan  pembinaan  kesenian  yang  masyarakat
pelakunya dalam kabupaten;
g.  penyusunan bahan pembinaan sejarah lokal kabupaten;
h.  penyusunan  bahan  penetapan  cagar  budaya  dan  pengelolaan
cagar budaya peringkat kabupaten;
i.  penyusunan bahan penerbitan izin membawa cagar budaya ke
luar kabupaten;
j.  penyusunan bahan pengelolaan museum kabupaten;
k.  penyusunan  bahan  fasilitasi  di  bidang  pengelolaan  cagar
budaya,  pengelolaan  museum  kabupaten,  pembinaan  sejarah,
pelestarian  tradisi,  pembinaan  komunitas  dan  lembaga  adat,
dan pembinaan kesenian;
l.  penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  di  bidang
pengelolaan  cagar  budaya,  pengelolaan  museum  kabupaten,
pembinaan  sejarah,  pelestarian  tradisi,  pembinaan  komunitas
dan  lembaga  adat,  dan  pembinaan  kesenian,  serta  pembinaan
tenaga kebudayaan;
m.  pelaporan  di  bidang  pengelolaan  cagar  budaya,  pengelolaan
museum  kabupaten,  pembinaan  sejarah,  pelestarian  tradisi,
pembinaan  komunitas  dan  lembaga  adat,  dan  pembinaan
kesenian, serta pembinaan tenaga kebudayaan;  
n.  pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
o.  pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai
tugas dan fungsinya.
Bidang Seni dan Kebudayaan terdiri dari :
1.  Seksi Cagar Budaya dan Kepurbakalaan
Tugas :
menyiapkan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan  teknis,
pembinaan  dan  koordinasi  serta  pelaksanaan  cagar  budaya  dan
kepurbakalaan.
Fungsi:
1.  Penyusunan  bahan  perumusan,  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan registrasi cagar budaya dan pelestarian cagar budaya,
serta kepurbakalaan;
2.  Penyusunan  bahan  pembinaan  dan  fasilitasi  registrasi  cagar
budaya dan pelestarian cagar budaya;
3.  Penyusunan  bahan  pelaksanaan  pelindungan,  pengembangan,
dan pemanfaatan museum;
4.  Penyusunan  bahan penerbitan izin membawa cagar budaya ke
luar daerah kabupaten/kota;
5.  Penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  di  bidang
registrasi  cagar  budaya  dan  pelestarian  cagar  budaya,  serta
kepurbakalaan;
6.  Penyusunan  pelaporan  di  bidang  registrasi  cagar  budaya  dan
pelestarian cagar budaya, serta kepurbakalaan; dan
7.  Pelaksanaan  tugas  lainnya  yang  diberikan  oleh  atasan  sesuai
tugas dan fungsinya.
2.  Seksi Kebudayaan
Tugas :
menyiapkan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan  teknis,
pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaan kebudayaan.
Fungsi :
1.  penyusunan  bahan  perumusan,  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan  di  bidang  sejarah,  tradisi,  pendaftaran  budaya  tak
benda, dan pembinaan komunitas dan lembaga adat;
2.  penyusunan bahan pelestarian tradisi dan budaya;
3.  penyusunan bahan pembinaan di bidang kebudayaan;
4.  penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi di bidang sejarah,
tradisi,  pendaftaran  budaya  serta  pembinaan  komunitas  dan
lembaga adat;
5.  penyusunan  pelaporan  di  bidang  kebudayaanserta  pembinaan
komunitas dan lembaga adat; dan
6.  pelaksanaan  tugas  lainnya  yang  diberikan  oleh  atasan  sesuai
tugas dan fungsinya.
3.  Seksi Kesenian
Tugas :
menyiapkan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan  teknis,
pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaan  kesenian
Fungsi :
1.  penyusunan  bahan  perumusan,  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan pembinaan kesenian;
2.  penyusunan bahan pembinaan kesenian;
3.  penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  di  bidang
pembinaan kesenian;
4.  penyusunan pelaporan di bidang pembinaan kesenian; dan  
5.  pelaksanaan  tugas  lainnya  yang  diberikan  oleh  kepala  bidang
seni dan Kebudayaan sesuai tugas dan fungsinya.
F.  BIDANG PEMBINAAN GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Tugas :
melaksanakan  penyusunan  bahan  perumusan  dan  pelaksanaan
kebijakan  di  bidang  Pembinaan  Guru  dan  Tenaga  Kependidikan
pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama,
dan pendidikan nonformal, serta tenaga kebudayaan.
Fungsi :
1.  penyusunan  bahan  perumusan  dan  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan
pendidikan  anak  usia  dini,  sekolah  dasar,  sekolah  menengah
pertama, dan pendidikan nonformal, serta tenaga kebudayaan;
2.  penyusunan bahan kebijakan di bidang pembinaan pendidik dan
tenaga  kependidikan  pendidikan  anak  usia  dini,  sekolah  dasar,
sekolah  menengah  pertama,  dan  pendidikan  nonformal,  serta
tenaga kebudayaan;
3.  penyusunan  bahan  rencana  kebutuhan  pendidik  dan  tenaga
kependidikan  pendidikan  anak  usia  dini,  sekolah  dasar,  sekolah
menengah pertama, dan pendidikan nonformal;
4.  penyusunan bahan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan
pendidikan  anak  usia  dini,  sekolah  dasar,  sekolah  menengah
pertama, dan pendidikan nonformal;
5.  penyusunan  bahan  rekomendasi  pemindahan  pendidik  dan
tenaga kependidikan dalam kabupaten/kota;  
6.  penyusunan bahan pembinaan di bidang tenaga cagar budaya dan
permuseuman,  tenaga  kesejarahan,  tenaga  tradisi,  tenaga
kesenian, dan tenaga kebudayaan lainnya;
7.  penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  di  bidang
pembinaan  pendidik  dan  tenaga  kependidikan  pendidikan  anak
usia  dini,  sekolah  dasar,  sekolah  menengah  pertama,  dan
pendidikan nonformal, serta tenaga kebudayaan;
8.  pelaporan di bidang  Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan
pendidikan  anak  usia  dini,  sekolah  dasar,  sekolah  menengah
pertama, dan pendidikan nonformal, serta tenaga kebudayaan;
9.  pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
10.  pelaksanaan  tugas-tugas  lain  yang  diberikan  oleh  atasan  sesuai
tugas dan fungsinya.
Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan terdiri dari :
1.  Seksi Guru dan Tenaga kependidikan Sekolah Dasar
Tugas :
melakukan   penyiapan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan
teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelayanan  Guru dan Tenaga
kependidikan Sekolah Dasar.
Fungsi:
1.  penyusunan  bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan
pembinaan Guru dan Tenaga kependidikan Sekolah Dasar;
2.  penyusunan  bahan rencana kebutuhan, rekomendasi pemindahan
Guru dan Tenaga kependidikan Sekolah Dasar;
3.  penyusunan  bahan  pembinaan  Guru  dan  Tenaga  kependidikan
Sekolah Dasar;  
4.  penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  pelaksanaan
pembinaan Guru dan Tenaga kependidikan Sekolah Dasar;
5.  pelaporan  di  bidang  pembinaan  Guru  dan  Tenaga  kependidikan
Sekolah Dasar; dan
6.  pelaksanaan  tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai tugas
dan fungsinya.
2.   Seksi Guru dan Tenaga kependidikan SekolahMenengah Pertama
Tugas :
melakukan   penyiapan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan
teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelayananGuru dan Tenaga
kependidikan SekolahMenengah Pertama.
Fungsi :
1.  penyusunan  bahan  perumusan,  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan  pembinaan  Guru  dan  Tenaga  kependidikan  Sekolah
Dasar;
2.  penyusunan  bahan  rencana  kebutuhan,  rekomendasi
pemindahan Guru dan Tenaga kependidikan Sekolah Menengah
Pertama;
3.  penyusunan  bahan pembinaan  Guru dan Tenaga kependidikan
Sekolah Menengah Pertama;
4.  penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  pelaksanaan
pembinaan  Guru dan Tenaga kependidikan  Sekolah  Menengah
Pertama;
5.  pelaporan di bidang pembinaan Guru dan Tenaga kependidikan
Sekolah Menengah Pertama; dan
6.  pelaksanaan  tugas  lainnya  yang  diberikan  oleh  atasan  sesuai
tugas dan fungsinya.  
3.  Seksi Guru dan Tenaga kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Nonformal
Tugas :
melakukan   penyiapan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan
teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelayanan  Guru dan Tenaga
kependidikan  Pendidikan  Anak  Usia  Dini  dan  Pendidikan
Nonformal.
Fungsi :
1.  penyusunan  bahan  perumusan,  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan  pembinaan  guru  dan  tenaga  kependidikan
pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
2.  penyusunan  bahan  rencana  kebutuhan,  rekomendasi
pemindahan  guru  dan  tenaga  kependidikan  pendidikan  anak
usia dini dan pendidikan nonformal;
3.  penyusunan  bahan pembinaan guru dan tenaga kependidikan
pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
4.  penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  pelaksanaan
pembinaan  guru   dan  tenaga  kependidikan  pendidikan  anak
usia dini dan pendidikan nonformal;
5.  pelaporan di bidang pembinaan guru dan tenaga kependidikan
pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal; dan
6.  pelaksanaan  tugas  lainnya  yang  diberikan  oleh  kepala  bidang
guru dan tenaga kependidikansesuai tugas dan fungsinya.
G.  BIDANG PEMBINAAN SARANA DAN PRASARANA
PENDIDIKAN
Tugas :
melaksanakan  penyusunan  bahan  perumusan  dan  pelaksanaan
kebijakan di bidang Pembinaan Sarana dan Prasarana pendidikan.
Fungsi :
1.  penyusunan  bahan  perumusan  dan  koordinasi  pelaksanaan
kebijakan di bidang Sarana dan PrasaranaPendidikan;
2.  penyusunan  bahan  kebijakan  di  bidang  Sarana  dan
PrasaranaPendidikan;
3.  penyusunan  bahan  rencana  kebutuhan  Sarana  dan
PrasaranaPendidikan;
4.  penyusunan bahan pembinaan Sarana dan PrasaranaPendidikan;
5.  penyusunan  bahan  rekomendasi  pemindahan  Sarana  dan
PrasaranaPendidikan;
6.  penyusunan  bahan  pembinaan  di  bidang  Sarana  dan
PrasaranaPendidikan;
7.  penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  di  bidang
pembinaan Sarana dan PrasaranaPendidikan;
8.  pelaporan di bidang Sarana dan PrasaranaPendidikan
9.  pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
10.  pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai
tugas dan fungsinya.
Bidang Pembinaan Sarana dan Prasarana Pendidikanterdiri dari :
1.  Seksi Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar
Tugas :
melakukan   penyiapan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan
teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelayananSarana dan Prasarana
Sekolah Dasar.
Fungsi :
1.  penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan
Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar;
2.  penyusunan bahan rencana kebutuhan, rekomendasi pemindahan
Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar;
3.  penyusunan  bahan  pembinaan  Sarana  dan  Prasarana  Sekolah
Dasar;
4.  penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  pelaksanaan
pembinaan Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar;
5.  pelaporan  di  bidang  pembinaan  Sarana  dan  Prasarana  Sekolah
Dasar; dan
6.  pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai
tugas dan fungsinya.
2.  Seksi Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Pertama
Tugas :
melakukan   penyiapan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan
teknis,  pembinaan  dan  koordinasi  serta  pelayananSarana  dan
Prasarana Sekolah Memengah Pertama
Fungsi :
1.  penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan
Sarana dan Prasarana Sekolah Sekolah Menengah Pertama;
2.  penyusunan bahan rencana kebutuhan, rekomendasi pemindahan
Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Pertama;
3.  penyusunan  bahan  pembinaan  Sarana  dan  Prasarana  Sekolah
Menengah Pertama;
4.  penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  pelaksanaan
pembinaan Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Pertama;
5.  pelaporan  di  bidang  pembinaan  Sarana  dan  Prasarana  Sekolah
Menengah Pertama; dan  
6.  pelaksanaan  tugas-tugas  lain  yang  diberikan  oleh  atasan  sesuai
tugas dan fungsinya.
3.  Seksi  Sarana  dan  prasarana  Pendidikan  Anak  Usia  Dini  dan
Pendidikan Nonformal
Tugas :
melakukan   penyiapan  bahan  perencanaan,  perumusan  kebijakan
teknis,  pembinaan  dan  koordinasi  serta  pelayanan  Sarana  Prasarana
Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal.
Fungsi :
1.  penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan
Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan
Nonformal;
2.  penyusunan bahan rencana kebutuhan, rekomendasi pemindahan
Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan
Nonformal;
3.  penyusunan  bahan pembinaan  Sarana dan Prasarana Pendidikan
Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal;
4.  penyusunan  bahan  pemantauan  dan  evaluasi  pelaksanaan
pembinaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini dan
Pendidikan Nonformal;
5.  pelaporan di bidang pembinaan Sarana dan Prasarana Pendidikan
Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal; dan
6.  pelaksanaan  tugas-tugas  lain  yang  diberikan  oleh  atasan  sesuai
tugas dan fungsinya.
H.  UPT DAN KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL
1.  UPT adalah pelaksana teknis  
Tugas :
melaksanakan  sebagian  tugas  Dinas  di  bidang  Pendidikan  dan
Kebudayaan.UPT dipimpin oleh seorang Kepala UPT yang berada
di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Dinas.
2.  Kelompok Jabatan Fungsional
Tugas :
melaksanakan  sebagian  tugas  dan  fungsi  Dinas  sesuai  dengan
keahlian dan kebutuhan.Kelompok Jabatan Fungsional terdiri dari
sejumlah  tenaga  dalam  jenjang  jabatan  Fungsional  yang  terbagi
dalam berbagai kelompok sesuai dengan bidang keahliannya.