“DIKBUD GELAR FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL 2019”

Oleh : HENRI | Kamis 11 Juli 2019 | 08:03 WITA
Share :

Penampilan puluhan pelajar dari sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se-Lombok Barat Satu persatu berlaga di hadapan  para Juri dan Penonton yang memadati gedung budaya Narmada, Kamis (4/7). Dalam Rangkaian Festival Lomba Para siswa SD dan SMP tersebut menampilkan berbagai atraksi seperti Kategori menyanyi tunggal tingkat SD dan SMP, Desain Poster tingkat SMP, Pantomime, Karya Anyaman, Gambar Bercerita, Gitar Duet, Lomba Seni Tari, dan Kategori Lomba Musik Tradisional pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional yang diselenggarakan Seksi Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat.

Kepala Bidang Kebudayaan Panca Surya yang turut hadir dalam kesempatan itu berharap kegiatan Festival semacam ini terus digalakkan dan ditingkatkan. Baginya Festival semacam ini adalah untuk mewadahi kreativitas para siswa untuk mengekspresikan dirinya dalam wujud kompetisi yang sehat yang dapat meningkatkan daya cipta, rasa dan karya.

 “Kegiatan ini tiap tahun kita selenggarakan dan terus berusaha kita tingkatkan. Kegiatan ini Salah satu bentuk kepedulian Pemerintah yang tujuannya bukan hanya sekedar pada meriahnya kompetisi antar siswa dan sekolah saja, tetapi dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air. Dalam  sebuah bait Rengganis atau Naskah Kuno Lombok mengatakan dalam sebuah lomba tidak semua harus jadi pemenang dan tidak semua harus jadi juara, semua orang harus berusaha, menang atau tidak urusan tuhan jadi kita hanya sebatas melaksanakan ikhtiar. Semoga apa yang kita lakukan ini menjadi kontribusi untuk Bangsa dan Negara kita,” harapnya.

Selain menampilkan berbagai macam lomba kegiatan ini juga dirangkai dengan pemberian penghargaan bagi siwa dan siswi SD/SMP yang berhasil meraih Juara dalam ajang FLS2N.

Bapak Kepala Bidang juga menyampaikan “Para Siswa dan Siswi yang berhasil menjadi juara pada FLS2N tingkat Kabupaten ini akan dikirim untuk mewakili ke tingkat provinsi bahkan kita harapkan ke tingkat Nasional,” ungkapnya.

Sementar itu Kepala Dinas Dikbud Lombok Barat Drs. M. Hendrayadi di lain kesempatan menyampaikan, “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Baginya melalui kegiatan FLS2N semacam ini sebagai salah satu Ajang yang sangat efektif bagi para siswa untuk mengekspresikan dirinya dalam bidang seni dan budaya, Semoga ke depan kegiatan semacam ini akan lebih dikembangkan, sehingga akan lahir dari lombok barat duta-duta seni yang akan lebih berbicara di tingkat provinsi dan nasional,”. Pungkasnya.