“DIKBUD LOBAR GELAR KEMAH KEPEMIMPINAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER ANTI NARKOBA”

Oleh : HENRI | Senin 09 September 2019 | 07:35 WITA
Share :

Giri Menang, Senin 9 September 2019 – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Barat menggelar Kemah Kepemimpinan Tahun 2019 di Hutan Lindung Sesaot, Kecamatan Narmada, (6 - 8 /9). Kegiatan ini diikuti seluruh kepala sekolah TK, SD, dan SMP.

“Banyak materi yang diberikan pada kegiatan ini, salah satunya tentang narkoba, karena kami ingin sekolah di lobar bebas narkoba”, kata Kepala Dinas Dikbud Lobar M. Hendrayadi, Kemarin (8/9).

Bentuk nyata upaya memerangi narkoba, kegiatan diakhiri dengan tes urine. Tes ini diikuti seluruh panitia, kepala sekolah, dan juga Kepala Dinas Dikbud Lobar. “Dari semua yang di tes berjumlah 363 orang, hasilnya klir,” ujarnya.

Diharapkan dengan kegiatan ini bisa meningkatkan performa kepala sekolah dalam mengelola sekolah kedepannya. “Kami ingin kepala sekolah yang memiliki dua peran strategis sebagai leader dan manajer dapat menerapkan kepemimpinan tepat dalam mencapai tujuan pendidikan disekolah”, Jelasnya.

Sebagai pemimpin pendidikan, kepala sekolah memiliki sejumlah tugas dan tanggung jawab yang cukup berat. Untuk bisa menjalankan fungsinya secara optimal, kepala sekolah perlu menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat. “karena sekarang kepala sekolah bukan lagi tugas tambahan, tetapi ini sudah menjadi tugas utama dalam mengelola sekolah”, tuturnya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pembacaan deklarasi sekolah bebas narkoba. Dengan penguatan ekstrakurikuler gerakan pendidikan karakter anti narkoba, diharapkan bahaya barang haram itu dapat terus ditekan. Ini sesuai dengan Perbup No. 37 Tanggal 4 September 2019.

Kepala SDN 1 Gerung Utara Sabariah mengatakan kegiatan ini sangat bagus sekali. Disamping sebagai penguatan pendidikan untuk kepala sekolah, ini bisa menjadi refreshing dan upgrade pengetahuan pendidikan.