DIKBUD LOBAR LAKUKAN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH UNTUK JENJANG SD DAN SMP

Oleh : HENRI | Senin 14 Oktober 2019 | 03:42 WITA
Share :

Giri Menang — Gerung, Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kompetensi serta tugas pokok kepala sekolah, maka pada Kamis, 10 Oktober 2019. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menggelar implementasi terhadap Kinerja Kepala Sekolah melalui sistem pengukuran kinerja 6 K untuk jenjang SD dan SMP.

Dalam implementasi penilaian kinerja kepala sekolah yang dihadiri para Pengawas dan Kepala Sekolah di lingkup Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat tersebut, Kadis Dikbud M. Hendrayadi yang didampingi Kabid Dikdas Bapak Haeruddin, dan Kabid GTK Bapak H. Suja’i, menegaskan pada penilaian kinerja kepala sekolah ini diharapkan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas kepala sekolah terutama terkait karakter. Kepala sekolah selaku manajer harus mampu memberikan tauladan dan karakter yang baik dalam pengembangan sekolah menjadi sekolah yang maju.

“Ir.Soekarno pernah mengatakan tidak mungkin membangun sebuah bangsa tanpa membangun karakter”. Tegasnya.

Pak Kadis menambahkan Program Penguatan Pendidikan Karakter diharapkan menjadi ruh dari pendidikan di lombok barat khususnya. Nilai utama pendidikan karakter tidak hanya menyasar para siswa, tetapi juga pendidik, dan kepala sekolah," ujarnya.

Penilaian kinerja kepala sekolah ini merupakan  proses pengumpulan informasi, data, dan fakta otentik tentang kapasitas kepala sekolah dalam memenuhi standar pada tiap unsur pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai kepala sekolah.