KEPALA DINAS DIKBUD MONITORING KESIAPAN SEKOLAH MENGHADAPAI ANBK 2021

Oleh : ADMINISTRATOR | Kamis 21 Oktober 2021 | 01:25 WITA
Share :

Gerung Disdikbud-- Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu pertama Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yaitu Mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif, yang kedua Survei Karakter yaitu Mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif, dan Survei Lingkungan Belajar Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

Peserta didik yang ikut dalam ANBK ini adalah siswa kelas 5 jenjang SD, Siswa kelas 8 Jenjang SMP.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupatn Lombok Barat H. Nasrun, S.Pd. MM.  lakukan monitoring terhadap kesiapan sekolah dalam menghadapi ANBK tahun 2021. di SDN 1 Gerung Utara. Selasa 19/10/21.

Kepala Dinas Dikbud langsung menuju tempat pelaksanaan Simulasi menyaksikan para siswa mengerjakan soal.

Menurut Kepala SDN 1 Gerung Utara Sabariah mengatakan bahwa jaringan internet pelaksanaan ANBK hari ini berjalan lancar “kemarin jaringan sempat error di server pusat.” Ungkapnya.

Sabariah menjelaskan bahwa tidak semua siswa kelas 5 ikut dalam ANBK ini  dari 90 orang siswa dipilih secara random dari pusat sebanyak 35 orang siswa. “tidak wajib semua siswa kelas 5 ikut ANBK.” ungkapnya

Sementara itu Kepala Dinas Dikbud Lombok Barat H. Nasrun mengingatkan Kepala Sekolah agar memberikan informasi yang jelas kepada orang tua siswa tentang penyelenggaraan ANBK ini bahwa kegiatan ini bukan merupakan ujian penentuan lulus akan tetapi merupakan kegiatan pemetaan mutu Pendidikan secara Nasional dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. “ ini perlu disampaikan agar orang tua siswa tidak salah persepsi, kegiatn ini bukan ujian kelulusan akan tetapi pemetaan mutu pendidikan secara Nasional.” Jelasnya. (Zul)