UNBK DAN UNKP SMP/MTS DI KABUPATEN LOMBOK BARAT HARI PERTAMA BERJALAN LANCAR

Oleh : ADMIN | Senin 23 April 2018 | 16:30 WITA
Share :

Gerung, Dikbud Lobar --- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat Drs. M. Hendrayadi di dampingi Kasubag Program Erwin Rachman. Hari ini, Senin (23/4/2018), melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di SMPN 2 Lembar dan di lanjutkan ke SMPN 1 Lembar Kabupaten Lombok Barat. Monev ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis kertas dan pensil (UNKP).

UN untuk tingkat SMP di Kabupaten Lombok Barat diikuti 197 SMP/MTs, sebanyak 57 sekolah menyelenggarakan UNBK dan 140 sekolah menyelenggarakan UNKP, yang dilaksanakan mulai 23 April 2018 dan berakhir pada 26 April 2018.

"Pelaksanaan UN untuk hari pertama untuk mata pelajaran bahasa indonesia berjalan lancar, kami berharap penyelenggaraan UN SMP tidak ada kendala. Hari ini, kami akan terus memantauan UN SMP sampai dengan hari kamis," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Drs. M. Hendrayadi saat Memantau Pelaksanaan UNBK di SMP 2 Lembar Pagi Ini.

Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMP 1 Gerung dan SMP 4 Gerung sempat terjadi kendala Mati Listrik selama ± 1 jam.

Menurut H. Junaidi Kepala Sekolah SMPN 1 Gerung, kendala Mati Listrik tersebut disebabkan oleh Gangguan Teknis yang terjadi pada PLN yang disebabkan oleh pohon yang tumbang sehingga listrik mati.

"Untuk di Kabupaten Lombok Barat beberapa sekolah yang berada di wilayah gerung selama ± 1 jam tidak bisa online (daring) UNBK, terputusnya akses daring karena mati listrik itu terjadi saat peserta mengerjakan soal bahasa Indonesia." kata H.Junaidi.

Dengan sigap dan cepat para guru dan pengawas cepat mengambil keputusan untuk menenangkan para siswa dan siswi yang sedang melaksanakan UNBK. Para siswa dan siswi kembali melaksanakan kegiatannya setelah listrik mulai menyala, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.