UNBK SASAR SMP DI WILAYAH TERJAUH DAN TERLUAR DI LOMBOK BARAT.

Oleh : HENRI | Selasa 24 April 2018 | 08:43 WITA
Share :

Gerung, Dikbud Lobar --- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat memastikan persiapan pelaksanaan Ujian Nasional 2018 bagi siswa-siswi jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiah  (MTS) di Pelosok-pelosok daerah di kabupaten lombok barat, berjalan lancar. Selasa (24/4/2018)  hari ini merupakan hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional jenjang pendidikan SMP/MTS.

Kadis Dikbud Lobar mengatakan, UNBK Jenjang SMP/MTS belum bisa diterapkan 100 persen di seluruh Kabupaten Lombok Barat. Hingga tahun ini, UN untuk tingkat SMP di Kabupaten Lombok Barat diikuti 197 SMP/MTs, sebanyak 57 sekolah menyelenggarakan UNBK dan 140 sekolah menyelenggarakan UNKP, ujarnya.

Dari total 57 sekolah SMP/MTS yang ikut UNBK ada sebanyak 23 sekolah SMP Negeri, yang ikut tahun ini. dimana ada 117 sekolah yang berada di akses yang sulit dengan internet mengikuti UNBK tahun ini. Seperti yang dikunjungi oleh kepala dinas pendidkan dan kebudayaan kabupaten Lombok barat dalam pemantauan selama 2 hari pelaksanaan ujian nasional tahun ini yaitu SMPN 2 Lembar yang berada di jelateng dan SMPN 3 Narmada yang berada di desa keru Narmada wilayah jauh dari akses dan jauh dari mobilitas internet, dua sekolah tersebut telah mampu menunjukkan diri mampu bersaing dengan sekolah yang berada di wilayah kota yang mobilitas dan aksesnya tentu lebih baik.

Tidak itu saja sekolah SMPN 5 Narmada di desa sesaot yang baru berdiri tahun 2012 telah mampu melaksanakan UNBK tahun ini.

Dari kunjungan kepala dinas tersebut banyak respon beragam dari guru, pengawas dan penyelenggara, mereka menyampaikan aspirasi yang positif terkait pelaksanaan UNBK dan lebih setuju jika sekolah-sekolah di lombok barat dapat mengikuti UNBK tahun depan.