DIKBUD ADAKAN BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN DANA BOS JENJANG SD TAHUN 2018

Oleh : HENRI | Jumat 27 April 2018 | 03:46 WITA
Share :

Gerung, Dikbud Lobar --- Untuk meningkatkan pengelolaan Dana BOS Sekolah dengan prinsip-prinsip Akuntabilitas, Transparansi dan Berorientasi pada Aspek Kebutuhan demi terlaksananya pendidikan dan meningkatnya mutu pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Jenjang SD Tahun 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 26 April 2018 bertempat di Aula SD Negeri 1 Labuapi Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat, diikuti oleh 30 orang peserta dari perwakilan masing-masing kecamatan ( 1 Orang Kepala Sekolah, 1 Orang Bendahara dan 1 Orang Komite Sekolah ).

Bimbingan Teknis ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat Bapak Hairuddin, S. Pd., M. Pd. dan dalam sambutan beliau menekankan agar para peserta curhat bagaimana implementasi BOS di lapangan yang terkadang tidak sesuai dengan Juklak/Juknis BOS yang selama ini bapak/ibu peserta pahami sehingga dapat di diskusikan bagaimana pemecahan permasalahnya. 

Bimtek ini bertujuan untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kepatuhan Dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di Tingkat Sekolah Dasar yang disampaikan oleh Bapak Noor Cahyo Kiki dan Bapak Keri Darwindo Pelaksana di Direktorat Pembinaan SD.

Lebih jauh Bapak Kabid Dikdas menjelaskan kegiatan Bimtek  ini dimaksudkan sebagai sarana koordinasi antara Direktorat Pembinaan SD, Dinas Pendidikan dan Sekolah terkait. Pelaksanaan BOS sendiri terkait erat dengan proses dan alur kebijakan, pemanfaatan, penyusunan laporan, pengembalian dana, perpajakan, pengawasan, dan pertanggung jawaban keuangan kepada pihak terkait.