UPACARA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2018 DI KABUPATEN LOMBOK BARAT DIRANGKAIKAN HARI OTONOMI DAERAH KE-22

Oleh : HENRI | Rabu 02 Mei 2018 | 03:43 WITA
Share :

Gerung, Dikbud Lobar --- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 yang dirangkai dengan Hari Otonomi Daerah yang ke 22 di Lapangan Mereje hari ini bertindak sebagai IRUP adalah Bapak PJS Bupati Lombok Barat Drs. H. LALU SASWADI, MM. Tema hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah: “Menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan.” ini serentak dilaksanakan di 34 Provinsi di Indonesia pada tanggal 2 Mei 2018.

“Dalam sambutannya PJS Bupati Lombok Barat mengingatkan untuk terus tingkatkan angka partisipasi sekolah di tengah masyarakat kita. Mari kita mendorong warga kita yang masih buta huruf di usia produktif untuk mengikuti pendidikan kesetaraan, agar di masa depan rata-rata lama sekolah semakin tinggi dan penyiapan SDM untuk pembangunan semakin cerah. Kepada anak-anakku sekalian, lanjutkan pendidikan kalian agar lebih tinggi lagi. Jangan tergoda dengan pergaulan negatif. Hindari pernikahan dini. Siapkan diri kalian untuk masa depan yang lebih baik lagi,” tutur PJS Bupati Lombok Barat, pada  Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional, di Lapangan Mereje, Gerung, Selasa(2/05/2018).

Bapak PJS Bupati juga menyampaikan Pembangunan karakter dan pendidikan karakter  menjadi suatu keharusan, karena pendidikan tidak hanya menjadikan peserta didik menjadi cerdas, tetapi juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun, Bangsa yang berkarakter unggul, di samping tercermin dari moral, etika dan budi pekerti yang baik, juga ditandai dengan semangat, tekad dan energi yang kuat, dengan pikiran yang positif dan sikap yang optimis, serta dengan rasa persaudaraan, persatuan dan kebersamaan yang tinggi. Inilah totalitas dari karakter bangsa yang kuat dan unggul, yang pada kelanjutannya bisa meningkatkan kemandirian dan daya saing bangsa, menuju Indonesia yang maju, bermartabat dan sejahtera di abad 21 ini. Inilah yang ingin kita hasilkan yakni pendidikan maju tanpa tercerabut dari karakter sebagai bangsa. Hal ini sesuai dengan Tema hari pendidikan tahun ini adalah: “Menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan.”

Hari ini bertepatan dengan hari lahirnya Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara, dan tokoh pendidikan, KH. Ahmad Dahlan. Pelaksanaan Upacara Peringatan Hardiknas ini dihadiri oleh Kepala SKPD beserta Asisten lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Barat, Para Staf Ahli Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan seluruh jajarannya, Bapak-Ibu Kepala Sekolah, Bapak- Ibu Pengawas, Bapak-Ibu Guru, dan para pelajar, di Kabupaten Lombok Barat.