PELAKSANAAN USBN JENJANG SD/MI TAHUN 2018 BERJALAN LANCAR

Oleh : HENRI | Jumat 11 Mei 2018 | 02:56 WITA
Share :

Gerung, Dikbud Lobar --- Mulai tahun 2018, kebijakan baru untuk ujian akhir di jenjang sekolah dasar (SD) yakni dengan menerapkan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi peserta didik kelas 6.

Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional ( USBN) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dilaksanakan serentak 3-5 Mei 2018. di Lombok Barat ada 445 sekolah yang menyelenggarakan USBN dimana terdiri dari 353 SD dan 92 MI. Mata pelajaran yang menjadi materi USBN meliputi: Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia.

Dari hasil pantauan Tim Monev USBN yang terdiri dari kepala Dinas, didampingi para pengawas dari Dewan Pendidkan, di SDN 1 Gegelang Kec. Dan SDN 2 Gerimax Indah kec.  Ujian berlangsung dengan lancar dan tertib. Sebelum Ujian dimulai petugas Tim Monev Disdikbud kab. Lobar memberikan pengarahan mengenai tatacara pengisian LJK yang baik dan benar, siswa dan siswi tidak diperbolehkan mengarsir selain dikolom yang sudah disediakan karena jika ada coretan di luar kolom tidak bisa terbaca oleh scanner.

USBN tingkat SD memang tidak dijadikan sebagai standar kelulusan. Namun untuk tahun ini, hasil ujian tetap akan digunakan sebagai salah satu pertimbangan penerimaan peserta didik baru selain ketentuan zonasi berdasarkan jarak. Selain digunakan sebagai bahan pertimbangan masuk ke jenjang selanjutnya, hasil USBN juga digunakan Kemendikbud untuk pemetaan kualitias mutu pendidikan sekolah dalam rangka peningkatan kualitas.