"PENUTUPAN FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N) SE-KABUPATEN LOMBOK BARAT BERLANGSUNG MERIAH".

Oleh : HENRI | Jumat 11 Mei 2018 | 03:49 WITA
Share :

Gerung, Dikbud Lobar --- Kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Kabupaten Lombok Barat telah berakhir, Pelaksanaan penutupan kegiatan ini dilakukan di Gedung Seni dan Budaya kec.Narmada pada tanggal 09 Mei 2018, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat Drs. M. Hendrayadi, Sekertaris Dinas Dikbud H.Nasrun S.Pd.,M.Pd, Kabid PAUD HJ. Rosdiana, S.Pd, Kabid Dikdas Hairuddin, S.Pd.,M.Pd, Kabid Sarpras L.Wira Kencana, ST dan seluruh kontingen dari semua cabang kegiatan kesenian yang dilombakan.

FLS2N merupakan agenda tahunan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Lombok Barat untuk mendukung Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam upayanya melestarikan budaya melalui sebuah festival yang bisa mewadahi ragam bakat dan minat siswa dengan menyelenggarakan Olimpiade-olimpiade yang mengoptimalisasi potensi peserta didik.

"Dengan adanya kegiatan ini ruang-ruang kreativitas, Ragam kompetensi, bakat dan minat siswa dapat terus dieksplorasi. Ujar kepala Dinas Dikbud Lobar".

Acara penutupan FLS2N berlangsung dengan meriah. Penutupan festival dirangkai dengan persembahan music tradisional Gendang Beleq. Acara lalu dilanjutkan dengan pertunjukan Pantomim yang menceritakan kisah melalui sebuah drama gerakan yang sangat menarik. Kemudian Acara pun disemarakkan dengan penampilan peserta menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini diiringi instrumen musik tradisional, kegiatan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah.

Setelah melalui berbagai proses penilaian yang sangat ketat tahun ini ada 36 sekolah penerima penghargaan untuk tujuh kategori yaitu: (1) Kategori Lomba Menyanyi Tunggal; (2) Lomba Seni Tari SD (3) Kategori Lomba Pantomim SD; (4) kategori Lomba Gambar Bercerita; (5) Lomba Menyanyi solo SMP; (6) Lomba Kreatifitas Tari, dan (7) Lomba kreatifitas Musik Tradisional.

Untuk Juara 1 kategori Lomba Menyanyi tunggal tingkat SD diraih oleh SDN 1 Lembar, kategori Juara 1 Lomba seni tari SD dan lomba pantomim SD diraih oleh SDN 4 Gerung utara, juara 1 kategori lomba gambar bercerita diraih oleh SDN 1 Batulayar Barat, kemudian untuk pemenang kategori lomba menyanyi solo tingkat SMP diraih oleh SMPN 1 Narmada, untuk kategori lomba kreativitas tari diraih SMPN 1 Gerung dan untuk kategori lomba kreativitas music tradisional di raih oleh SMPN 5 Gerung sebagai juara 1,   kegiatan ini diikuti semua SD dan SMP di Kabupaten Lombok Barat.