“DIKBUD GELAR WORKSHOP REVIEW PENDATAAN SPM DIKDAS 2018”.

Oleh : HENRI | Selasa 10 Juli 2018 | 07:33 WITA
Share :

Giri Menang Gerung --- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat (Dikbud Lobar) menyelenggarakan Workshop Review Pendataan SPM Dikdas di Hotel Puri Sharon Senggigi, dari tanggal 6 Juli hingga 7 Juli 2018. kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan pada April 2018 lalu. Acara Workshop ini dihadiri sebanyak 56 pengawas dilingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan Workshop ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas H.Nasrun,S.Pd,MM, Jum’at (05/7/2018). Dalam pembukaan tersebut, Sekdis didampingi Kasubag Program Erwin Rachman,SE.

Program Peningkatan Kapasitas Penerapan Standar pelayanan Minimal (PKP-SPM) Dikdas dirancang untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mengumpulkan data akurat serta mengintegrasikannya dalam proses pengembangan rencana strategis dan intervensi efektif untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan, dan juga mendokumentasikan proses tersebut.

Workshop ini dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama membahas peraturan pemerintah Republik Indonesia No.2 Tahun 2018 tentang standar pelayanan minimal, pengintegrasian program pemenuhan SPM dalam dokumen perencanaan dan penganggaran daerah melalui Perbup No.48 Tahun 2017, Pemaparan Indikator-Indikator SPM Dikdas dan pembekalan pengisian instrumen pendataan SPM untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Pemaparan Hasil survey SPM Dikdas Tahun 2017, SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal). Dengan Nara Sumber Kadis Dinas Dikbud Lobar, Drs.M.Hendrayadi, Sekretaris Dinas Dikbud Lobar, H. Nasrun, S.Pd.,MM, Kasubag Program, Erwin Rachman,SE, dan Pengawas Dikbud Lobar, Drs.H. Fatkhurrokhman.,M.Pd dan Drs.H. Abdul Rasyid.

Selanjutnya, Pada Hari kedua Workshop ini membahas tentang Keterkaitan SPM, SPMI dengan Akreditasi, dilanjutkan dengan pemaparan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), dengan nara sumber Pengawas Dikbud Lobar, Drs.H. Fatkhurrokhman.,M.Pd dan Drs.H. Abdul Rasyid.