Tema : PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN SUDUT DI KELAS V/A SDN 2 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
SDN 2 BelekaMunzir NPSN :5020025624 Feberuari 2017 01:20:55
Judul PTK yang sudah saya ikutkan dalam SeNdiMat 2016 (Seminar Nasional Pendidikan Matematika) 2016. Berikut saya lampirkan abstraknya: ABSTRAK: Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran matematika di kelas V/A SDN 2 Beleka adalah guru yang mendominasi pembelajaran sehingga menjadikan siswa pasif. Siswa masih dianggap sebagai objek dalam pembelajaran yang harus diberikan materi-materi ajar sehingga pembe¬lajaran menjadi kurang bermakna karena hanya bersifat hafalan tanpa disertai pemahaman dan pengalaman belajar yang memadai. Dalam pembelajaran, guru jauh lebih aktif daripada siswa. Pembelajaran seperti ini menyebabkan siswa kurang mampu memahami dengan baik materi pelajaran yang dibelajarkan dan pada akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatan hasil belajar siswa pada materi pengukuran sudut di kelas V/A SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, ketuntasan klasikal yang dicapai pada siklus I adalah 74,07%, dan siklus II mencapai 85,19%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengukuran sudut di kelas V/A SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar.
 Send Message Replay